Mari kita bahas tentang masalah umum untuk laptop Toshiba Satellite A60 dan A65. Apakah Anda memiliki salah satu laptop ini? Apakah berfungsi dengan baik untuk Anda?

Berikut adalah beberapa masalah pada laptop Toshiba.

1. Overheating

Pernahkah laptop Anda mati tanpa alasan apapun ketika Anda menjalankan program yang menggunakan CPU secara intensif? Jika ya, maka kemungkinan besar terjadi karena komputer terlalu panas. Hal ini terjadi karena kisi udara heatsink tersumbat debu. Sebuah lapisan debu menumpuk diantara kipas pendingin dan heat sink dan panas yang dihasilkan oleh prosesor akan menumpuk dalam laptop. Sebagai konsekuensi dari itu, prosesor terlalu panas dan laptop secara otomatis mati.

Ada 2 cara yang berbeda untuk membersihkan heat sink dan kipas dalam model ini:

  • Belilah sekaleng udara terkompresi atau menemukan kompresor udara dan tiaupkan pada heat sink melalui saluran udara di bagian bawah laptop.
  • Lepaskan keyboard dan Anda akan mendapatkan akses ke kipas pendingin. Tiuplah debu dari kipas dan heat sink.

Dalam beberapa kasus laptopterlalu panas karena kipas pendingin rusak. Kipas harus mulai bekerja secepat Anda menggunakan laptop. Jika kipas tidak akan bekerja dengan benar, kemungkinan besar hal itu buruk dan kipas prosesor harus diganti. Anda akan menemukan kipas pendingin heat sink baru untuk Satellite A60 dan A65 notebook dengan part number berikut: V000042110.

2. Memory Onboard Rusak

Masalah berikutnya yang sering terjadi adalah memory onboard yang sudah mulai rusak. Memori ini terintegrasi ke dalam motherboard dan jika mengalami penurunan performa Anda harus mengganti seluruh motherboard. Jika laptop Anda mulai mengalami visual berupa beberapa karakter aneh atau garis titik pada layar, kemungkinan besar laptop Anda memiliki kerusakan pada memori onboard. Jika Anda menguji laptop dengan monitor eksternal, Anda mungkin akan melihat grafis yang rusak seperti pada layar LCD. Anda dapat menguji memori onboard dengan menggunakan Memtest86+. Hapus semua modul RAM eksternal dan jalankan tes memori. Jika memori onboard gagal, Anda akan harus mengganti motherboard. Modul memori terintegrasi tersebut terletak dekat dengan slot memori external, di bawah foil.

3. Terakhir, masalah pada colokan listrik. Pada laptop Toshiba Satellite A60 dan A65 masalah ini tidak biasa seperti yang sering ditemukan pada Satellite M30X, M35X, A70 dan A75. Pemakain colokan listrik secara kontinyu mungkin akan mengakibatkan colokan listrik longgar dan pin positif berhenti membuat kontak yang baik dengan motherboard lagi. Akibatnya, laptop beralih ke daya baterai meskipun adaptor daya masih terpasang. Biasanya secara temporary Anda dapat memperbaiki kesulitan dengan memperbaiki steker adaptor daya di bagian belakang laptop, tapi setelah lama kelamaan masalah tersebut muncul kembali. Dalam hal ini Anda harus membongkar laptop, mengambil motherboard dan mensolder kembali colokan listrik.

Jika Anda mengalami masalah pada laptop Anda, jangan terlalu memaksakan diri Anda sendiri untuk melakukan service pada laptop Anda. Segera minta bantuan kepada pihak yang lebih berpengalaman dalam hal service laptop. Kami bersedia memberikan bantuan dalam hal tersebut.